my profile

ulfa ulinnuha
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Prosedur Rekayasa Genetika Menggunakan Mikroorganisme


·         Pemurnian
DNA/isolasi gen dengan menghancurkan atau melisiskan semua sel yang mengandung gen yang ditargetkan. Kemudian dipisahkan dengan sentrifuge pada kecepatan tinggi ditambahkan bahan kimia sehingga mendapatkan DNA murni.

·         Pemecahan DNA
Molekul DNA yang besar dipecah dengan menggunakan gelombang ultrasonik sehingga akan dijumpai dengan fragmen random. Dengan menggunakan enzim khusus bagi fragmen DNA seperti endronuklease restriksi akan diperoleh DNA intermolekukler dan intramolekuler atau hanya didapatkan urutan fragmen DNA dengan urutan tertentu.

·         Pemindahan gen/transfer DNA pada sel vektor yang sesuai
Transfer DNA ke bakteri yang hidup (cloning vektor: plasmid, bakteriofag, atau kosmid) dapat dengan cara DNA asing dipaksakan berintegrasi dengan kromosom menjadi genom atau dengan cara gen asing dikembangkan menjadi suatu bagian yang autonom molekul DNA yang sedang berkembang. Molekul DNA disebut sebagai vektor. Penyambungan ini menggunakan enzim ligase.

·         Memasukkan DNA rekombinan/kimera DNA ke dalam sel inang
Sel inang yang dipakai harus seaman mungkin dan tidak terdapat patologis. Cara memasukkan DNA rekombinan ke dalam sel inang dapat dilakukan dengan cara transformasi, transfeksi, DNA packaging, dan micro injection.

·         Identifikasi/penapisan dan seleksi DNA yang baru diperoleh
Untuk menyeleksi DNA baru hasil rekombinan agar sesuai dengan yang diinginkan dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu cara genetik, hibridasi asam nukleat, dan immunokimia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar